1.800 Anakan Ikan Ditebar di Sungai Kalireyeng

Berita Pemerintahan
0 0
Read Time:1 Minute, 2 Second

KENDAL, jatengnet.com – Sebanyak 1.800 anakan ikan disebar di Sungai Kalireyeng, tepatnya di depan Rumah Dinas Wakil Bupati Kendal di Jalan Pemuda.

Penebaran ikan di perairan umum itu dilakukan Wabup WS Basuki didampingi Penjabat Sekda Sugiono, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Hudi Sambodo, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kendal.

WS Basuki, mengatakan, anakan ikan itu semoga bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Dengan begitu, kondisi sungai akan dipenuhi ikan yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

‘’Mengambil ikan di sungai harus dengan cara yang benar atau menggunakan alat yang ramah lingkungan seperti di pancing atau menggunakan saringan,’’ katanya, kemarin.

Penebaran ikan itu merupakan program dari DKP. Pada 2022 ini ditebar 102.460 anakan ikan di perairan umum atau sungai di wilayah Kabupaten Kendal. Jenis ikan yang ditebar yakni karper 30 ribu bibit, nilem 35 ribu bibit, dan tawes 37.460 anakan.

Kepala DKP Kendal Hudi Sambodo, mengatakan, restocking ikan di sungai bertujuan mengembalikan ekosistem sungai yang dahulu dipenuhi berbagai jenis ikan. Namun, karena kerusakan lingkungan sungai, mengakibatkan sebagian besar jenis ikan punah.

‘’Sekarang hampir di perairan umum atau sungai itu jarang terdapat ikan. Kami melakukan penebaran ikan, supaya kalau sudah besar bisa dinikmati dengan cara dipancing atau dengan alat tangkap yang ramah lingkungan,’’ pungkasnya. (jtn-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *