12 Ponpes Ikuti Lomba One Pondok One Produk

Berita Pemerintahan

KENDAL, jatengnet.com – Sebanyak 12 pondok pesantren mengikuti lomba One Pondok One Produk tingkat Kabupaten Kendal yang digelar di Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Kersan Pegandon. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021.

Lomba menampilkan produk UMKM hasil usaha pondok pesantren. Mereka ada yang membuat produk makanan dan minuman kemasan, kuliner, busana muslim, kopi kemasan, jajanan tradisional, hingga kerajinan dari barang bekas.

Sekda Kendal, Moh Toha, mengatakan, pondok pesantren, selain mengajarkan ilmu agama dan pendidikan umum, juga menyelenggarakan pendidikan keterampilan bagi para santri. “Di pondok ada pendidikan keterampilan, sehingga ketika terjun ke masyarakat, santri dibekali keterampilan,’’ katanya.

Perwakilan juri, Wiwied BN, mengatakan, kriteria penilaian antara lain bahan baku menggunakan bahan lokal, kemasan sesuai standar, produk yang dihasilkan memiliki perizinan, seperti PIRT, sertifikat halal dan izin usaha.

Kriteria lainnya, yakni kelangsungan usaha yang dijalankan, apa hanya sekedar kalau ada event atau secara berkelanjutan. Secara umum produk-produk yang ditampilkan sudah bagus, termasuk kemasan. ‘’Beberapa belum memiliki perizinan. Masih dimaklumi, karena baru merintis usahanya. Ke depan perlu ada pembinaan pelaku UMKM dari pondok pesantren,’’ pungkasnya. (jan-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *