51 Warga Jalani Swab Susulan

Berita Kesehatan Pemerintahan

KENDAL – Sebanyak 51 warga menjalani tes swab susulan yang dilakukan petugas Puskesmas Karangsari di RT1 RW4, Kelurahan Karangsari, kemarin. Swab susulan dilakukan karena banyaknya warga di RT tersebut positif terpapar korona.

Satgas kelurahan juga memberlakukan lockdown selama 14 hari di wilayah tersebut. ‘’Tercatat ada 40 warga yang tes swab susulan hari ini. Namun, ada tambahan 11 orang yang diikutkan swab, sehingga total 51 orang,’’ kata Lurah Karangsari Gatot Tunggul Wulung.

Ia menjelaskan, dengan tes swab ini, keseluruhan warga yang menjalani tes swab ada sebanyak 121 orang. Dari pelaksanaan tes swab yang dilakukan kepada 150 orang dan 40 orang tidak hadir, sehingga dilaksanakan tes swab susulan.

‘’Kasus bermula dari adanya dua warga yang diduga sakit, tapi ikut takziyah ke Kelurahan Jotang. Mereka satu rombongan menggunakan bus mini. Beberapa warga yang sakit tidak menggunakan masker. Dari situlah muncul klaster covid di RT 1 RW 4 ini,’’ jelasnya.

Satgas PPKM Mikro Kelurahan Karangsari mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan warga yang isolasi mandiri tersebut. Dapur umum beroperasi 14 hari dengan melibatkan tenaga dari ibu-ibu PKK, karang taruna, dan relawan. ‘’Logistik dari Baznas. Kami akan mengajukan bantuan kepada pengusaha atau perusahaan melalui dana CSR,’’ tutur dia. (jan-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *