Forum Kepala SMP Bahas Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

Berita Pendidikan

KENDAL – Forum Komunikasi Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Kendal membahas terkait persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) yang akan dilaksanakan 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, mengatakan forum tersebut membahas antara lain penggunaan dana BOS dan rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka. ‘’Pembelajaran tatap muka rencana kembali digelar Januari 2021. Hal itu sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri,’’ katanya.

Diterangkan, sekolah harus mempersiapkan sejumlah protokol kesehatan seperti sarana dan prasarana, sekolah menyatakan kesiapannya untuk mengajukan proposal kepada pihak Disdikbud dan akan ditindak lanjuti dengan peninjauan langsung oleh dinas pendidikan.

‘’SKB 4 Menteri tersebut tidak menyimpulkan jika Januari 2021 merupakan tahun ajaran tatap muka secara serentak, melainkan secara bertahap. Kami akan lihat sekolah yang siap dan apakah layak. Jika bisa memenuhi standar protokol kesehatan, kami izinkan dengan beberapa metode pembelajaran yang tentunya berbeda,’’ tambah dia.

Wahyu menjelaskan, keputusan 4 Menteri itu meliputi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. Selama pembelajaran tidak ada jam istirahat dan tidak diperkenakan adanya kegiatan kantin.

Peserta didik membawa bekal mandiri dari rumah. ‘’Kapasitas siswa-siswi yang berangkat 50 persen. Kami dan Satgas Covid-19 berwenang menghentikan pembelajaran tatap muka apabila di sekolah tersebut angka terpapar Covid-19 tinggi,’’ ucapnya. (jan-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *