Anggota DPR RI Mujib Rohmat Dorong Jenarsari Jadi Desa Wisata Seni Budaya Kampung Pesilat

Berita Pemerintahan Wisata

*Melahirkan Banyak Pesilat Berprestasi Nasional-Internasional
KENDAL – Tak hanya memiliki Padepokan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kendal, Desa Jenarsari, Kecamatan Gemuh, juga banyak melahirkan para pesilat handal dan berprestasi baik dikancah nasional maupun Internasional. Dengan segudang prestasi tersebut sehingga sudah sepatutnya desa tersebut perlu didorong agar menjadi desa wisata seni budaya kampung pesilat.

Anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat menyampaikan hal itu saat acara seminar bertemakan “Prestasi Olah Raga Nasional” yang digelarnya bersama anggota PSHT, Jumat (19/03/2021) di Padepokan tersebut.

“Desa Jenarsari ini kita dorong menjadi desa wisata seni budaya kampung pesilat. Karena memiliki padepokan yang memiliki pesilat yang berprestasi di tingkat kabupaten, nasional bahkan Internasional,” katanya.

Mujib Rohmat juga menilai dari Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana prasarana yang ada telah cukup untuk mendukung berdirinya Wisata Kampung Pesilat. Acara Seminar yang digelar untuk menggali potensi wisata yang bisa dikembangkan di sekitar padepokan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kendal Dico M ganinduto, Camat dan kepala desa sekitar.

Bupati Dico mengapresiasi Desa Jenarsari yang memiliki padepokan dan telah memiliki banyak atlet pencak silat yang berprestasi. Dengan potensi yang dimiliki Desa Jenarsari orang nomor satu di Kabupaten Kendal itu berencana akan membuat Desa Jenarsari menjadi Desa Wisata Pencak Silat dan bisa menjadi monumental bagi Kabupaten Kendal.

“Lingkungan ini sangat penting dan saya melihat jika desa ini sudah sangat baik dalam pembinaan tentunya, apalagi nanti jika desa ini akan dijadikan desa wisata pencak silat,” katanya.

Lebih lanjut Bupati mengucapkan terimakasih kepada Mujib Rohmat yang selalu memberikan hal terbaik bagi warga Kabupaten Kendal. Padepokan Pencak Silat PSHT yang didirikan pada tahun 2000 tersebut mempunya sekitar 6.000 anggota yang masih aktif yang tersebar diseluruh wilayah di Kabupaten Kendal.

Sementara itu Ketua PSHT Supriyadi mengaharapkan desa wisata kampung pesilat bisa segera terwujud pada tahun 2021 ini. Pihaknya juga telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan juga telah mempersiapkan pembenahan kawasan padepokan agar tampak seperti tempat wisata. (winda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *