Beberapa Saluran Dibersihkan Untuk Antisipasi Banjir

Berita Pemerintahan

Kendal, Jatengnet.Com: Menghadapi musim penghujan yang sebentar lagi akan datang, musibah banjir sewaktu-waktu bisa terjadi. Sebagaimana di Kecamatan Kaliwungu misalnya.

Banjir sering terjadi di sekitar Pasar Gladak, Masjid Al-Muttaqin dan sekitarnya. Menurut Kadinas PUPR Kendal, Sugiono beberapa wilayah di Kaliwungu sudah dilakukan normalisasi.

Antara lain Kali Aji serta pembetulan tanggul sungai yang rusak di Pasar Gladak sampai Kampung Jukungan dan Kranggan. “Untuk banjir di Desa Sumberejo Kecamatan Kaliwungu akan dilakukan pengerukan drainase yang ada,” tambah Sugiono.

Dikatakannya, untuk banjir di Kota Kendal biasanya terjadi akibat luapan Kalibuntu. Saat ini di sungai tersebut sudah dilakukan pembersihan enceng gondok.

Enceng gondok yang ada bisa menghambat arus air. Pembersihan tersebut akan dilanjutkan di sebelah utara jembatan, yang rencananya akan dilakukan mulai tanggal 15 November 2021.

Menurut Sugiono, aliran Kalibuntu nantinya juga akan dikembangkan ke arah barat. Menuju avur Bangunrejo. Dengan pengembangan ini diharapkan bisa mengurangi arus Sungai Buntu.

Disamping itu beberapa pintu air yang ada juga akan diperbaiki. ‘’Dengan pengembangan Kalibuntu ke arah Bangunrejo diharapkan bisa mengurangi banjir yang biasanya terjadi di Kota Kendal,” kata dia. (Teguh-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *