BSI Kendal Kumpulkan 556,6 Kg Sampah

Berita Kesehatan

KENDAL – Bank Sampah Induk (BIS) Kendal berhasil mengumpulkan 556,6 kilogram sampah yang terdiri atas 230,5 kg sampah organik dan 326,1 sampah anorganik. Pengumpulan sampah itu dalam rangka Aksi Hari Bersih-bersih se-Dunia yang dilaksanakan di berbagai lokasi.

Ketua BSI Kendal, Nunuk Sarah Zenubia, mengatakan, aksi pungut sampah itu dilaksanakan selama tiga hari yakni 16-18 September dan melibatkan ratusan relawan. ‘’Kami dibantu relawan dari berbagai instansi di Pemkab Kendal maupun organisasi lainnya,’’ kata dia, Minggu (20/9).

Dia mengatakan, aksi World Cleanup Day itu, diawali senam pagi di Puskesmas Kendal 2. Peserta senam membawa sampah dari rumah. Acara kemudian dilanjutkan ke RTH Hutan Klorofil Kendal. Disana peserta membersihkan taman dan memungut sampah organik dan memilah sampah anorganik.

‘’Kegiatan ini sosial tahunan yang mengajak masyarakat menanggulangi sampah dan menjaga kebersihan lingkungannya. Tema WCD kali ini yaitu pilah sampah dari rumah. Kami manfaatkan momen itu untuk melakukan edukasi pilah sampah dari sumbernya yaitu rumah tangga,’’ tambahnya.

Nunuk menjelaskan, BSI Kendal semula bernama Bank Sampah Resik Becik yang berdiri pada 2013. Pada 2018 ditingkatkan statusnya menjadi Bank Sampah Induk Kendal dengan SK Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal. Jumlah nasabah 414 terdiri atas individu, sekolah, komunitas, dasa wisma, PKK, ponpes, dan OPD seperti Puskesmas Kendal 1 dan Puskesmas Kendal 2, BPS, DLH, Disperkim dan DPUPR.

‘’Kegiatan di BSI Kendal antara lain edukasi 3R, berobat membayar dengan sampah yang bekerja sama dengan Puskesmas Kendal 2, membuat kerajinan bunga dan tas daur ulang, membuat pupuk dan makanan hewan ternak, pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar,’’ jelasnya. (jan/21)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *