Bumdes Berkah Amanah Bergerak Pada Berbagai Bidang Usaha

JatengNews Pemerintahan
0 0
Read Time:1 Minute, 2 Second

Kendal,jatengnet.com – Bumdes Berkah Amanah Desa Truko, Kecamatan Kangkung bergerak diberbagai bidang usaha. Usaha yang dilakukannya antara lain pembayaran listrik, PDAM, hingga jasa perbankan lainnya. “Bumdes Berkah Amanah sudah punya kantor sekretariat yang siap melayani masyarakat,” kata Nur Mukton Kades Truko.

Dikonfirmasi di kantornya belum lama ini, lebih jauh dikatakan, di kantor sekretariat tersebut, setiap hari selalu buka. Ada karyawan yang siap melayani masyarakat. “Di tempat tersebut juga menjual berbagai produk dari plastik,” kata dia.

Menurut Nur Mukton, kegiatan lain yang dilakukan Berkah Amanah adalah pengelolaan pasar dan pamsimas. Ada juga pengelolaan sampah dan membeli sisa minyak goreng atau jlantah dari masyarakat. “Minyak jlantah selama ini sering kali dibuang oleh mereka, namun oleh Bumdes dimanfaatkan dan bekerja sama dengan PT Lisin,” tambah Nur Mukton.

Di samping itu juga sering melakukan pendampingan pengrajin tas yang tergabung dalam sentra ndustri tas Kendal (sintal). Pendampingan yang dilakukannya misalnya mencari terobosan pemasaran. “Pemasaran tas dari Desa Truko juga sampai ke luar Jawa,” ungkapnya.

Sementara itu Emi Nuryatmi, salah seorang pengurus Berkah Amanah mengatakan keberadaan Bumdes sudah banyak membantu masyarakat Desa Truko. Seperti pembayaran listrik atau PDAM. Warga tidak perlu datang ke tempat lain, karena Bumdes melayani jasa pembayaran tersebut. “Masyarakat banyak terbantu dengan ada Bumdes,” kata dia. (Teguh-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *