BUMDes Gemar Ekspor Porang ke Luar Negeri

Ekonomi JatengNews Pemerintahan Sosok
0 0
Read Time:57 Second

KENDAL – BUMDes Gemar Desa Parakan, Kecamatan Rowosari, dalam waktu dekat akan melakukan ekspor porang ke luar negeri. Direktur BUMDes Gemar, Nur Faizin, mengatakan, untuk mengekspor porang, pihaknya bekerja sama dengan CV Koko Ala Internasional dan PT Joglosemar Karangsari Makmur Semarang.

‘’Bahan baku porang di beli dari beberapa komunitas petani berbagai daerah. Perkilogram harganya berkisar Rp 7.000- Rp 10.000. Saat ini jumlah tenaga kerja 30 orang,’’ kata dia pada acara launching pengolahan porang, Senin (5/4).

Ia menjelaskan, porang dicuci dan diiris tipis menggunakan mesin. Selanjutnya dimasukkan ke oven selama 6-8 jam. Setelah keluar dari oven disebut cip kering. ‘’Barang itulah yang kemudian dikirim ke PT Joglosemar,’’ kata dia.

Menurut Nur Faizin, cip kering kemudian digiling menjadi tepung yang diberi nama glukomanan dan asam aksolat. Tepung itu yang kemudian di ekspor ke luar negeri seperti Cina, Vietnam, Jepang dan sebagainya. ‘’Di sana dijadikan bahan makanan atau kecantikan,’’ tuturnya.

Kedepan menurut dia, akan mengajak petani di Kendal untuk menanam porang. BUMDes akan menyediakan bibit dan siap membeli hasil panen petani. Perawatannya juga tidak sulit dibiarkan juga bisa berbuah. ‘’Hasilnya lebih baik dari singkong atau ketela,’’ tambah dia. (guh-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *