Bupati Kendal Tinjau Pengerukan Eceng Gondok

JatengNews Pemerintahan
0 0
Read Time:53 Second

KENDAL, jatengnet.com – Bupati Kendal Dico Ganinduto meninjau pengeruhan eceng gondok di Sungai Buntu di Kelurahan Langenharjo, Kecamatan Kendal, Selasa (16/11). Pembersihan Pembersihan tanaman itu, karena bisa menghambat aliran air dan menyebabkan terjadinya banjir di pemukiman warga sekitar ketika hujan.

Dico Ganinduto mengatakan normalisasi Sungai Buntu agar aliran air lancar, sehingga tidak terjadi endapan yang mengakibatkan air melimpas ke pemukiman. Normalisasi dilakukan oleh OPD terkait bekerja sama dengan Pemprov Jateng. ‘’Eceng gondok ini harus dikeruk. Sebelum curah hujan tinggi tanaman eceng gondok sudah berkurang,’’ kata dia.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal, Iwan Muhtadi, menyatakan, normalisasi Sungai Buntu untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Pelaksanaan normalisasi hasil kerja bareng Dinas Lingkungan Hidup Kendal, DPUPR Kendal, dan PSDA Jawa Tengah. ‘’Peralatan disediakan PSDA. Transportasi dan tenaga dari DLH dan DPUPR,’’ katanya.

Iwan Muhtadi mengungkapkan, banyak tumbuhan enceng gondok yang memenuhi sungai ini dapat mengahmbat aliran sungai hingga ke laut. Mungkin normalisasi tidak bisa menghilangkan banjir, tapi setidaknya dapat mengantisipasi luapan air sungai ke pemukiman sekitarnya. ‘’Bila tidak dibersihkan, eceng gondok bisa menghambat aliran air,’’ pungkasnya. (jan-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *