Cawabup Yekti Apresiasi Turonggo Sedyo Manunggal

Berita Politik

KENDAL – Calon wakil bupati Kendal Yekti Handayani memuji kepedulian paguyuban kuda lumping Turonggo Sedyo Manunggal yang masih mau menguri-uri kesenian tradisional kuda lumping sebagai warisan budaya bangsa Indonesia.
‘’Saya mengapresiasi acara ini. Kesenian kuda lumping merupakan jatidiri sebagai bangsa yang memiliki nilai dan tradisi. Saya salut warga masih ada yang nguri-uri warisan budaya dari nenek moyang bangsa Indonesia,’’ kata dia ketika menghadiri peresmian Paguyuban Kuda Lumping Turonggo Sedyo Manunggal di Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Sabtu (26/9) sore.
Yekti yang maju dalam Pilkada Kendal 2020 tersebut, mengaku datang ke acara itu, karena postingan warga di media sosial facebook. Isi postingan itu memberikan tantangan kepada para calon bupati dan wakil bupati yang mau memberikan perhatian terhadap kesenian.
‘’Saya langsung balas tantangan itu dan meninggal nomor telepon. Insyaallah jika terpilih, saya bersama Pak Ustad Ali akan memberikan perhatian terhadap kesenian tradisional, termasuk kuda lumping,’’ tuturnya.
Menurut Ketua Paguyuban Kuda Lumping Turonggo Sedyo Manunggal Desa Meteseh, Boja, Suari, kuda lumping merupakan kesenian yang sudah turun temurun dari nenek moyang bangsa Indonesia. ‘’Sebagai generasi sekarang perlu melestarikan tradisi warisan nenek moyang tersebut,’’ katanya.
Kegiatan itu, lanjut dia, sebagai upaya melestarikan kuda lumping sebagai aset budaya bangsa, khusususnya di lingkungan masyarakat Boja dan sekitarnya. Di desa ini dulu pernah ada, tetapi vakum dan sekarang pihaknya ingin menghidupkan kembali. ‘’Kami berharap pemimpin Kendal bisa memberikan perhatian serius terhadap kesenian,’’ jelasnya.
Salah seorang warga Meteseh, Satrio, mengaku, dirinya yang menggugah tantangan tersebut di salah satu grup di media sosial. Dia melihat semangat warga Meteseh yang ingin melestarikan kuda lumping. ‘’Saya melihat Bu Ani yang paling serius. Beliau membalas komentar dengan akun sendiri dan meninggalkan nomor telepon. Setelah saya telpon ternyata beliau langsung menyanggupi datang,’’ kata Satrio. (jan-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *