Cuaca Ekstrem, Nelayan Belum Berani Melaut

JatengNews Pemerintahan
0 0
Read Time:56 Second

KENDAL – Semenjak awal Februari hingga sekarang, keadaan cuaca belum mendukung bagi para nelayan, karena ombak di laut cukup besar. Keadaan itu berpengaruh terhadap nelayan yang biasa mencari ikan di laut.

Keterangan yang berhasil dikumpulkan menyebutkan, para nelayan tidak berani melaut karena ombaknya cukup besar. Tingginya gelombang mencapai 2-3 meter,’’ Agus nelayan di Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal Kota, kemarin.

Dikatakan, hampir sebulan mereka tidak berani mencari ikan. Namun, sejumlah nelayan ada yang berangkat terutama perahu kecil, karena tidak sampai ke tengah. ‘’Nelayan dengan perahu besar tidak berani berangkat, karena mereka mencari ikan sampai ke tengah laut, bahkan terkadang sampai ke luar daerah seperti Batang, Demak, dan Jepara,’’ tambah Basuki nelayan lainnya.

Demikian pula yang dilakukan Sutoyo nelayan asal Desa Magersari. Pada saat tidak melaut, waktu yang ada digunakan memperbaiki perahu atau jaring. ”Dunia nelayan memang seperti ini. Kadang kerja, kadang tidak,’’ kata dia.

Kades Kumpulrejo, Kecamatan Patebon, Dasuki, mengatakan, saat ini memang musim paceklik bagi nelayan. Padahal apabila ombak tidak besar, mereka berani berangkat melaut. Meringankan beban para nelayan, pihak pemdes pernah memberi bantuan mi instan. ‘’Jumlahnya memang tidak banyak, namun bisa meringankan beban mereka,’’ ucapnya. (guh-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *