Desa Kedunggading Ingin Mewujudkan Desa Bebas Sampah Plastik

Berita Pemerintahan
0 0
Read Time:1 Minute, 13 Second

Kendal,Jatengnet.Com: Desa Kedunggading Kecamatan Ringinarum terus berupaya untuk memajukan desa dari berbagai sisi. Setelah sebelumnya dengan predikat desa Bersinar (bersih narkoba). “Sekarang ingin mewujudkan sebagai desa bebas sampah plastik,” kata Budiyono Kepala Desa Kedunggading.

Ditemui di kantornya belum lama ini, lebih jauh dikatakan, untuk merealisasikan sebagai desa bebas sampah plastik, masyarakat telah diberikan pelatihan pengolahan sampah plastik. “Pelatihan ini berkat kerja sama antara PKK, karang taruna dan tim KKN STIK Kendal,” katanya.

Menurut Budiyono, pelatihan itu sendiri dilaksanakan di balai desa setempat dengan peserta anggota karang taruna dan ibu-ibu PKK. Dengan pelatihan pengolahan sampah plastik, diharapkan ada solusi penanganan sampah plastik.

Pihaknya juga sudah bekerja sama dengan warung penjual minuman untuk mengumpulkan sampah plastik sisa minuman. Sampah plastik itu nantinya bisa dibuat ecobrick, kerajinan, atau lukisan. “Tiap seminggu sekali tim dari desa mengambil sampah plastik untuk dibawa ke balai desa” ujarnya.

Dikatakan oleh Budiyono, untuk mewujudkan Desa Kedunggading sebagai desa bebas sampah plastik, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk peran aktif dari masyarakat. Disini peran dan partisipasi dari masyarakat cukup penting. “Bila ini bisa kita lakukan, Insya Allah Kedunggading akan mewujudkan desa berseri atau bersih, rapi, sehat, dan asri” pungkasnya.

Sementara itu Saiful salah satu mahasiswa STIK Kendal selaku tutor pelatihan mengatakan, dalam permasalahan ini agar tidak melihat hasil dari pelatihan yang dilaksanakan. Akan tetapi yang lebih penting adalah kepedulian terhadap lingkungan kaitannya dengan sampah plastik. “Langkah ini bisa mewujudkan Kedunggading sebagai desa bebas sampah plastik” kata dia. (Teguh-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *