Dico Tinjau Banjir Manggungsari

Berita Pemerintahan

KENDAL – Calon bupati pemenang Pilkada Kendal 2020, Dico M Ganinduto meninjau bencana banjir yang terjadi di Desa Manggungsari, Kecamatan Weleri, Selasa (19/1).

Dico yang mengenakan kemeja putih dipadu celana jin hitam dan bertopi di dampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal Sugiono dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal Sigit Sulistyo.

Sugiono mengatakan, hujan yang terjadi sejak Senin (18/1) siang menyebabkan sejumlah wilayah kebanjiran. Salah satunya di Desa Manggungsari, Weleri. Banjir di Manggungsari, karena pendangkalan di avur Ludud di Desa Manggungsari dan avur Ngasinan di Desa Ngasinan. Limpasan air dari dua avur itu masuk ke Kali Bulanan.

Kondisi itu mengakibatkan Kali Bulanan tidak mampu menampung debit air, sehingga melimpas ke jalan. ‘’Solusinya perlu dilakukan normalisasi di dua avur tersebut. Minggu depan kami datangkan alat untuk normalisasi,’’ jelasnya.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintahan desa terkait rencana normalisasi tersebut. Kepala desa akan mensosialisasikan kepada warganya terkait dengan endapan lumpur yang mungkin mengganggu aktifitas warga. ‘’Banjir itu disebabkan hujan lokal dan kerap terjadi setiap tahun,’’ terangnya.

Dico mengatakan, penanganan banjir di Kendal perlu ditangani secara komprehensif. Mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi, dan mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten. ‘’Persoalan itu dipetakan menjadi satu dan tugas itu menjadi tanggung jawab bersama. Saya akan koordinasi dengan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi,’’ kata dia. (jan-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *