Edukasi Covid & Vaksinasi Melalui Zecora

JatengNews Pendidikan
0 0
Read Time:1 Minute, 7 Second

JEPARA, jatengnet.com – SKM Penggerak Desa merupakan program Praktik Kerja Lapangan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang yang dilaksanakan oleh mahasiswa di tiga lokus berbeda yaitu institusi, komunitas, dan tambahan.

Salah satu mahasiswi yaitu Nurul Adinda Natasya telah melaksanakan PKL di Kabupaten Jepara. Ia mengembangkan e-Health Literacy berupa sebuah website yang dinamakan Zecora (Zero Kasus Covid-19 di Kabupaten Jepara). Website itu sebagai wadah yang memuat media edukasi dan informasi terkait penyebaran Covid-19 dan vaksinasi yang bisa diakses dengan oleh masyarakat.

Nurul mengatakan, vaksinasi Covid-19 salah satu program pemerintah dalam pengendalian virus tersebut. Namun, dalam pelaksanaannya masih banyak warga yang takut dan ragu untuk mendapatkan vaksin. Hal ini karena banyaknya berita tidak benar (hoaks) yang beredar di masyarakat.

Hal itulah yang mendasari Nurul untuk memberikan edukasi vaksinasi Covid-19 di lokus komunitas di Desa Bumiharjo. ‘’Edukasi kami lakukan memakai brosur yang memuat informasi pengenalan, manfaat, cara kerja, fakta-fakta terkait vaksin, dan pengenalan Zecora. Sasarannya ibu-ibu dan remaja,’’ terangnya.

Di lokus tambahan, Nurul memilih MTs Nurul Islam Bumiharjo. Karena sekolah-sekolah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka. Dirinya mengedukasi siswa-siswi untuk mengenal Covid-19 dan vaksinasi.

“Saya berharap apa saya lakukan bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan pemahaman mengenai covid dan vaksin. Tentunya supaya masyarakat bisa melindungi diri sendiri dan keluarganya dari virus korona,’’ pungkasnya. (jan-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *