Kajari Kendal Resmikan Rumah Restorative Justice

Berita Hukum
0 0
Read Time:1 Minute, 2 Second

Kendal,Jatengnet.Com: Kepala Kejaksaan Negeri Kendal Ronaldwin Senin (25/7) meresmikan Rumah Restorative Justice di Desa Ngampel Wetan Kecamatan Ngampel.

Kepala Kejaksaan Negeri Kendal Ronaldwin pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa Rumah Handal Adhiyaksa ini menjadi salah satu bentuk pelayanan kejaksaan dalam masalah hukum.

Nantinya menurut dia bila di Desa Ngampel Wetan ada seorang yang tersangkut masalah hukum dalam tindak pidana ringan atau sejenisnya, maka permasalahan yang ada tidak perlu di teruskan hingga pengadilan. “Bila si korban menerima dengan ikhlas, maka pelaku bisa bebas” kata Ronaldwin.

Disini ada musyawarah untuk mufakat dengan disaksikan pihak kejaksaan, dari unsur pemerintah desa maupun tokoh masyarakat untuk tidak meneruskan perkara yang ada hingga ke pengadilan.

“Namun kasus yang bisa diselesaikan di Rumah Handal Adhiyaksa kerugiannya kurang dari Rp 5.000.000 dan kurungan kurang dari lima tahun” ujarnya.

Jadi dalam permasalahan ini yang menjadi kunci adalah korbannya. Bila korban dengan ikhlas mau memaafkan pelaku, masalahnya tidak sampai ke pengadilan.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kejaksaan Negeri Kendal. “Mudah mudahan program ini memberi kemanfaatan kepada masyarakat” kata Dico.

Ke depan menurut dia, setiap desa bisa mendirikan Rumah Handal Adhiyaksa. “Di Desa Ngampel Wetan ini sebagai proyek percontohan dan desa lain bisa mengikutinya” kata Dico. (Teguh-21)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *