KPU Kendal Siapkan Skenario Pemungutan

Berita Politik

KENDAL – KPU Kendal mempersiapkan skenario pada saat pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilkada Kendal 2020 yang digelar Rabu 9 Desember 2020. Hal itu karena pilkada tahun ini diperkirakan masih dalam masa pandemi virus korona.

Skenario yang disiapkan antara lain penyediaan APD untuk petugas, sabun cuci tangan, hand sanitizer, disinfektan hingga sarung tangan sekali pakai untuk pemilih supaya tidak bersentuhan langsung dengan paku.

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria, mengatakan, pemberian tinta bagi warga yang menyalurkan hak pilihnya tidak lagi dilakukan dengan mencelupkan jari ke dalam botol tinta. ‘’Petugas TPS akan meneteskan tinta ke jari pemilih,’’ kata dia, Kamis (17/9).

Pemilih yang hendak menyalurkan hak suaranya, sebelum masuk lokasi TPS wajib mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan panitia. ‘’Jumlah yang menunggu di TPS kami batasi. Supaya tidak ada antrian di TPS,’’ terangnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan kampanye yang dilakukan pasangan calon agar memenuhi protokol kesehatan. Bila terdapat yang melakukan kampanye tidak sesuai dengan yang diatur, perlu peran serta bawaslu dan satuan gugus tugas untuk bisa menegurnya. ‘’Prinsipnya untuk protokol covid, kami serahkan sesuai undang-undang yang berlaku yang mengatur tentang kesehatan,’’ tegas dia. (jan/21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *