La Tansa Dukcapil Diluncurkan

Berita Pemerintahan

KENDAL, jatengnet.com – Sebuah langkah positif dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal. Setelah sebelumnya membuka pelayanan online dengan aplikasi Pak Dalman.

Kini Dispendukcapil Kendal meluncurkan layanan La Tansa Dukcapil. Layanan tersebut telah disosialisasikan kepada masyarakat. Peluncuran program La Tansa Dukcapil dilakukan Plt Kepala Dispendukcapil Tavip Purnomo, Jumat (15/10).

Tavip Purnomo, mengatakan, program layanan terintegrasi dalam bentuk layanan paket administrasi kependudukan dan catatan sipil intinya memberi pelayanan maksimal kepada masyarakat. ‘’Kami akan membahagiakan masyarakat dalam kepengurusan adminstrasi kependudukan,’’ katanya.

Dalam program ini menurut Tavip, ada paket A dan paket B. Paket A meliputi akta kelahiran, kartu keluarga, dan kartu identitas anak (KIA), sedangkan paket B kaitannya dengan adminitrasi kematian. Dengan program tersebut, masyarakat diuntungkan, karena mengurus satu berkas bisa dipergunakan untuk beberapa adminitrasi kependudukan.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Jaelani, mengatakan, program yang dihasilkan Dispendukcapil memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat. Pelayanannya akan lebih ditingkatkan lagi.

Hingga kemarin terdapat 32 desa yang kerja sama dengan Dispendukcapil. Akhir tahun ini diharap bisa mencapai 40 desa. ‘’Bentuk pelayanan ini juga untuk mengurangi calo yang biasanya ada di desa-desa,’’ kata dia. (Teguh-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *