Lima Bendungan di Kendal Dikeringkan

Berita Pemerintahan

KENDAL – Lima bendungan di Kabupaten Kendal yang mensuplai kebutuhan air bagi sektor pertanian di Kabupaten Kendal dikeringkan selama satu bulan. Pengeringan dilaksanakan 1 September-30 September. ‘’Ada lima bendungan yang dikeringkan. Bendungan Sojomerto, Juwero, Kedungasem, Kali Bulanan, dan Kedung Pengilon,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, Sugiono ketika di temui di kantornya, kemarin.
Dia menerangkan, Bendungan Kedungasem airnya mengalir ke Kali Kutho, Bendungan Sojomerto mengalir ke Kali Blukar, Juwero mengalir ke Kali Bodri, Kedung Pengilon mengalir ke Kali Blorong, dan Bendungan Kali Bulanan yang mengalir ke Kali Bulanan atau Kali Pening. ‘’Pengeringan tersebut berdasar surat keputusan bupati. Ada SK bupati,’’ jelasnya.
Sugiono menjelaskan, terdapat tiga manfaat pengeringan bendungan. Pertama yakni untuk perbaikan saluran irigasi yang rusak. Kedua yaitu memutus mata rantai hama tanaman. Tanah yang kering selama satu bulan, tentunya hama tanaman tidak akan mendapatkan makanan dan manfaat ketiga adalah meningkatkan kesuburan tanah.
Kondisi tanah yang kering bisa menimbulkan lekahan dan udara bisa kedalammnya. Ketika mendapat air, tentunya bisa menjadikan kesuburan tanah meningkat. ‘’Jadi ada tiga tujuan pengeringan yakni pemeliharaan irigasi yang rusak, memutus hama tanaman, dan meningkatkan kesuburan tanah,’’ terang dia. (jan/21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *