LP Maarif Kendal Ingin Cetak Generasi Berakhlakul Karimah

Berita Pendidikan

KENDAL – Sudah menjadi tujuan dari Nahdlatul Ulama, bahwa dalam mendirikan sekolah, harus memiliki orientasi mencerdaskan kehidupan bangsa serta melahirkan anak didik yang berakhlakul karimah. ‘’Dengan begitu, generasi muda bisa mempunyai karakter serta keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt,’’ kata Ketua LP Maarif Kendal Ibnu Darmawan ditemui di kantornya, kemarin.

Dikatakan oleh Ibnu Darmawan, saat ini LP Maarif memiliki 137 sekolah yang tersebar di berbagai wilayah. Jumlah terdiri atas SMA (5), SMK (8), MA (5), MTs (31), SMP (11) dan MI (74) dengan 28.000 murid dan 3.000 pengajar. ‘’Sejumlah sekolah bergabung dengan pesantren. Anak didik yang mau sekolah juga harus mondok. Beberapa sekolah itu antara lain, SMK NU 02 Rowosari, SMK NU 05 Kaliwungu, MTs 08 Gemuh, MTs 29 Patean dan sebagainya,’’ terangnya.

Dengan penggabungan itu, memperoleh respon positif dari kaum nahdliyin. Beberapa sekolah yang digabung dengan pesantren jumlah muridnya juga lumayan.Dalam mendirikan sekolah di bawah naungan NU, lanjut dia, harus berkomitmen memajukan sekolah.

Salah satu diantaranya adalah perekrutan tenaga pendidik yang tidak asal asalan. Kepala sekolah setiap empat sekali diadakan penilaian. Bila penilaiannya kurang bagus bisa diganti. ‘’Bila kinerjanya bagus dipertahankan hingga delapan tahun. Ini sebagai konsekuensi agar mereka semangat dalam memajukan pendidikan di lingkungan LP Maarif,’’ terangnya. (guh-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *