Lulusan SMK Supaya Bisa Buka Lapangan Kerja

Berita Pendidikan

KENDAL – Lulusan SMK  yang ada di Kabupaten Kendal harus bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Dengan demikian tidak bergantung dengan dunia industri. Karena bila bergantung dengan industri, akan terjadi membludaknya pengangguran.

Demikian dikatakan anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat pada seminar bertemakan Peta Jalan Pendidikan antara Tantangan dan Harapan. Seminar berlangsung di Gedung COE SMK NU 01 Kendal. Hadir pada kesempatan tersebut kepala sekolah SMK swasta di Kendal, Sabtu (20/3).

Ditambahkan oleh Mujib, bahwa lulusan SMK memang dipersiapkan untuk jenjang lapangan kerja dan berkaitan dengan industri. Namun yang lebih penting, bagaiman bisa menciptakan lapangan kerja. ‘’Penciptaan lapangan  kerja memang sangat diperlukan bagi lulusan SMK,’’ kata dia.

Ditambahkan, orientasi lulusan SMK harus outcome. Untuk menciptakan orientasi tersebut, diperlukan guru yang memiliki kompetensi bagus. Karena guru menjadi faktor utama keberhasilan pendidikan.

Menyinggung tentang pengembangan KIK, Mujib mengharapkan agar investor yang ada berkaitan dengan skill tenaga kerja  yang ada di Kendal, sehingga lulusannya bisa tertampung di lingkungan KIK,

Kepala SMK NU 01 Kendal, Muh Izzudin mengajak kepada seluruh SMK swasta yang ada di Kendal untuk terus melakukan terobosan. ‘’Dengan demikian lulusannya bisa bersaing dengan lulusan sekolah negeri,’’ katanya. (guh-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *