Masyarakat Desa Laban Gelar Tingkep Pari

Read Time:54 Second

Kendal,Jatengnet.Com: Masyarakat Desa Laban Kecamatan Kangkung Jumat (25/2) melaksanakan tradisi tingkep pari yang dilaksanakan di jalan pesawahan desa setempat. “Acara tingkep pari merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Laban” kata Adibul Farah Kepala Desa Laban.

Acara itu juga diikuti dua petugas PPL dari Kecamatan Kangkung masing-masing Ibnu dan Widodo serta puluhan warga Desa Laban. Dikatakan, acara ini dilaksanakan dua tahun dua kali. Persisnya menjelang panen tiba.

“Ini merupakan ungkapan rasa syukur dan doa bersama dari petani Desa Laban atas hasil panen yang melimpah sebagaimana diharapkan para petani” tambah Adibul.

Ditambahkan, acara tersebut diprakarsai oleh dua kelompok tani yang ada di Desa Laban. Keduanya adalah Kelompok Tani Subur Makmur dengan Ketua M Saefudin dan Kelompok Tani Sumber Makmur dengan Ketua Achmadi.

Menurut Adibul Farah, kedua Kelompok Tani itu yang telah mengkondisikan kegiatan tingkep pari. Sedangkan pihak pemerintahan desa mensuport kegiatan itu.

Kegiatan doa bersama ini perlu kita lestarikan karena memiliki makna positif. “Paling tidak ada unsur silaturahmi di antara pada petani, dengan demikian tercipta kekompakan dan kerukunan diantara mereka” kata dia. (Teguh-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Tahun 2021 Kabupaten Kendal Catatkan Investasi Rp 3,8 Triliun
Next post MUI Kendal Tak Permasalahkan SE Menag 5/2022