Media Ikut Berperan dalam Kesuksesan Pilkada

Berita Politik

KENDAL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)Kendal menggelar acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bertema Antisipasi Pelanggaran Media Massa Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal Tahun 2020 yang digelar di Hotel Sae Inn, Jumat (16/10).

Kegiatan mengundang jurnalis yang ada di Kendal dan pegiat media sosial. Rapat kerja menghadirkan tiga pemateri yani Arif Muthofifin dari Bawaslu Kendal, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kendal Rini Utami, dan Ketua PWI Kendal Rosyid Ridho. Acara dimoderatori staf Bawaslu Kendal Jehan Fuliza.

Rini Utami menjelaskan, pengaruh media massa sangatlah tinggi. Media bisa menjadi penengah dan membantu pemerintah untuk menstabilkan kondisi pada pemberian informasi yang benar dan akurat. ‘’Media massa punya pengaruh besar. Media mampu memberikan informasi yang berimbang dan akurat, sehingga bisa menepis berita-berita hoaks yang mungkin beredar dan meresahkan masyarakat,’’ kata dia.

Rosyid Ridho berharap calon kepala daerah bisa memanfaatkan media semaksimal mungkin untuk menyampaikan visi misi yang akan dicapai. ‘’Media memiliki peran penting dalam mensukseskan pilkada. Seluruh wartawan supaya selalu menjunjung tinggi integritas dan memperhatikan kode etik jurnalistik,’’ terangnya.

Arief Muthofifin yang membidangi Koordiv Hukum menyampaikan, rakernis bertujuan membangun sinergitas antara media dengan Bawaslu, termasuk memberikan pengertian dan aturan tentang masa kampanye yang diperbolehkan di media massa. ‘’Tujuan kami membangun sinergitas. Tentunya juga memberitahukan jika kampanye boleh dilakukan di media massa dengan jadwal kampanye yang telah ditetapkan yaitu 14 hari sebelum hari tenang atau 22 November hingga 5 Desember 2020,’’ jelasnya.

Seusai diskusi, dilanjutkan dengan deklarasi kesepahaman dan kesepakatan dengan awak media dengan tujuan antisipasi pelanggaran media massa pada Pilkada Kendal yang akan berlangsung 9 Desember 2020. (ag-21)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *