Mencerdaskan Anak-anak Dengan Budaya Membaca

JatengNews Pemerintahan Sosok
0 0
Read Time:58 Second

KENDAL – Budaya membaca di kalangan anak sekolah untuk saat ini memang minim. Mereka lebih menyukai ponsel untuk kegiatan sehari hari. Ini menjadi keprihatinan bersama. ‘’Budaya membaca di kalangan anak-anak harus kita tumbuhkan. Dengan membaca bisa mencerdaskan bangsa,’’ kata Achmad Saikhu Kades Galih, Kecamatan Gemuh.

Ia telah mendirikan perpustakaan keliling di desanya beberapa waktu lalu. Perpustakaan keliling Galih Maju tersebut hingga kini masih eksis. Ditemui di ruang kerjanya Rabu (19/5), ia mengatakan, tujuan didirikannya perpustakaan untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan masyarakat, terutama anak sekolah.

Sebelum masa pandemi, mobil perpustakaan keliling pada waktu istirahat berkunjung ke sekolah secara bergiliran dengan didampingi dua petugas dari desa. Disitulah anak-anak melakukan kegiatan membaca. Dikatakan, saat ini karena masa pandemi, mobil perpustakaan keliling diparkir di sekretariat. ‘’Masyarakat atau anak-anak juga banyak yang datang,’’ katanya.

Hingga saat ini perpustakaan keliling Galih Maju masih eksis. Walaupun secara umum minat membaca di kalangan masyarakat atau anak anak menurun drastis. Perpustakaan keliling desa Galih pernah menjadi juara dua lomba perpustakaan desa tahun 2018 dan juara pertama pada tahun 2020. ‘’Saat ini kami memiliki koleksi 5.000 buku, dimana 2.000 diantaranya bantuan dari perpustakaan nasional,’’ kata dia. (guh-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *