Pemdes Bangunrejo Kembangkan Batik Permaisuri

Berita Pemerintahan

Kendal,Jatengnet.Com: Pemerintah Desa Bangunrejo Kecamatan Patebon pada tahun 2021 ini aktif mengembangkan batik dengan merek Permaisuri. Kegiatan tersebut dilakukan oleh enam orang warga setempat.

Kepala Desa Bangunrejo Subur Falahudin ketika dikonfirmasi di kantornya belum lama ini membenarkan bila didesanya ada warga yang membuat batik. “Untuk saat ini pembuatannya berada di gedung Bumdes Bangun Karya” kata Subur.

Dikatakannya, pembuatan batik itu sendiri dilakukan sekitar pertengahan tahun 2021. Awalnya sebuah perusahaan rumah batik YCAB Fondation Semarang membuka pelatihan membatik untuk masyarakat yang berminat.

Menurut Subur, dari Desa Bangunrejo ada enam orang yang mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihannya selama tiga bulan. Disamping dari Bangunrejo banyak peserta dari daerah lain yang mengikuti pelatihan itu.

Setelah mengikuti pelatihan selama enam bulan dari pihak YCAB Fondation menyelenggarakan lomba membuat batik yang diikuti peserta pelatihan. Dan ternyata dari Bangunrejo memperoleh juara pertama dan berhak atas hadiah Rp 10 juta. Dengan predikat juara yang diperolehnya, ada semacam motivasi untuk lebih mengembangkan batik permaisuri. Saat ini kegiatan masih terus di lakukan.

Kedepan menurut Subur pembuatan batik akan terus dikembangkan, sekaligus bisa memberdayakan masyarakat Desa Bangunrejo, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan mereka. “Untuk sementara hanya melayani pesanan. Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun pernah memesan batik Permaisuri,” kata dia. (Teguh-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *