Pemdes dan Warga Protomulyo Gelar Sedekah Desa

Berita Pemerintahan
0 0
Read Time:1 Minute, 17 Second

Kendal, Jatengnet.Com: Pemerintah Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan beserta warga menggelar sedekah desa yang dilaksanakan di Balai Desa Protomulyo, Jumat (24/6). Suwadi selaku ketua panitia mengatakan, sedekah desa tahun ini cukup meriah terutama pada acara pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Tantut Sutanto dari Klaten dengan lakon Bimo Krido.

Masyarakat dari berbagai kalangan memadati halaman balai desa bahkan sampai ke pinggir jalan raya untuk menyaksikan pentas kesenian tradisional itu. Apalagi selama dua tahun terakhir, akibat pandemi acara ini tidak dilaksanakan. “Di samping acara sedekah desa kegiatan itu juga berkaitan dengan peringatan hari jadi Desa Protomulyo ke-60 ” kata Suwadi.

Di samping pagelaran wayang kulit, acara lain yang dilaksanakan dalam event ini adalah ziarah ke makam para leluhur/sesepuh masyarakat. Juga tahlil dan manakib. Sebelum pagelaran wayang kulit dimulai, terlebih dahulu ada kirab kecil yang diikuti seluruh perangkat desa dan anggota BPD. Kirab itu dipimpin Jumarno selaku Kepala Desa Protomulyo.

Kemudian kades menyerahkan wayang kulit kepada dalang Ki Tantut Susanto. Dan mulailah acara wayang kulit dengan lakon Bimo Krido. Jumarno kepada media ini mengatakan, acara sedekah desa dilaksanakan secara turun temurun. Tujuannya mengenang jasa para leluhur yang telah mendirikan Desa Protomulyo.

Menurut Jumarno dengan sedekah desa ini, diharapkan akan tercipta masyarakat yang tentram dan damai sekaligus meningkat kesejahteraannya. “Masyarakat juga berperan aktif dalam pelaksanaan acara ini” kata Jumarno.

Sementara itu Sakdullah salah seorang warga Protomulyo mengatakan acara sedekah desa juga menjadi media hiburan bagi masyarakat, termasuk peningkatan UMKM yang dijajakan pedagang. ‘’Ada puluhan pedagang yang ikut mremo dalam acara sedekah desa,” kata Sakdullah. (Teguh-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *