Pemkab Kendal Serius Menurunkan Angka Pengangguran

Berita Ekonomi Pemerintahan
0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

Kendal,Jatengnet.Com: Adanya pandemi Covid 19 yang melanda negara kita berdampak pada berbagai sektor, termasuk sektor tenaga kerja, yang mana sektor ini terus mengalami peningkatan jumlah pengangguran. “Pemerintah Kabupaten Kendal akan serius mengurangi angka pengangguran,” kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Bupati mengatakan hal itu ketika memberi sambutan pengarahan pada acara Rapat Koordinasi Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka di Kabupaten Kendal di Pendopo Tumenggung Bahurekso Senin (4/4). Rapat koordinasi yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja itu juga dihadiri PJ Sekda Sugiono, kepala OPD terkait, dan pelaku usaha, serta undangan lainnya.

Ditambahkan oleh Dico, keseriusan Pemerintah Kabupaten Kendal dalam menangani masalah pengangguran bila kita lihat dengan adanya Kawasan Industri Kendal atau lainnya. “Dalam waktu dekat Pemkab juga akan menjalin dengan Kementerian Perindustrian untuk mempersiapkan tenaga kerja handal” imbuh bupati.

Menurut dia, kerja sama dengan Kementerian Perindustrian tersebut berkaitan dengan pelatihan tenaga kerja. Dengan adanya pelatihan tersebut, bantuan tenaga kerja yang ada siap pakai kebutuhan yang diperlukan.

Disamping itu tambah Dico, Pemerintah Kabupaten Kendal juga akan membentuk aplikasi Kendal Karier. Dalam aplikasi itu bisa dilihat data pencari kerja, menerima data kebutuhan tenaga kerja, dan pelatihan dari pelaku usaha.

Pelaku usaha bisa menggunakan aplikasi ini untuk menyampaikan data kebutuhan tenaga kerja. Dengan demikian ada kolaborasi antara pelaku usaha dan pencari kerja. “Pada tahun 2022 ini pemerintah daerah 40.000 pencari kerja bisa tersalurkan” kata Dico.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Cicik Sulastri mengatakan perlunya penurunan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Kendal. Menurutnya, bertambahnya angka pengangguran juga dampak dari pandemi Covid-19.

Disamping itu juga jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja. “Ke depan dengan program dari pemerintah kabupaten, bisa mengurangi angka pengangguran tersebut” kata dia. (Teguh-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *