Pengawas TPS Pilkada Kendal Jalani Swab

Berita Kesehatan Politik

KENDAL – Ratusan pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) di Kabupaten Kendal yang akan bertugas pada pemungutan suara 9 Desember 2020, menjalani swab tes di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Kendal, Sabtu (28/11). Hal itu bertujuan memastikan kondisi pengawas pemilu sehat dan bebas dari Covid-19.

Mereka sebelumnya menjalani rapid tes di masing-masing kecamatan. Rapid tes di kecamatan berlangsung dua hari, 26-27 November 2020. Jika hasil rapid tes reaktif, maka ditindaklanjuti dengan swab tes.

Selain pengawas TPS, sebelumnya swab juga dilakukan pada petugas KPPS. Petugas KPPS yang menjalani swab tes di RSDC jumlahnya lebih banyak dari pada pengawas TPS. Hal itu dibenarkan dokter RSDC Kendal, Agus Suwondo.

Menurut dia, mereka yang ikut swab tes, lanjutan rapid tes yang dilakukan Bawaslu maupun KPU Kendal. Dari swab tersebut, diharapkan semua penyelenggara pemilu bebas dari Covid-19 yang dibuktikan dengan rapid tes dan swab tes.

Bagi yang hasilnya positif, wajib menjalani karantina. ‘’Lebih dari seratus pengawas TPS menjalani swab tes. Sebelumnya kami telah melakukan untuk petugas KPPS yang jumlahnya lebih banyak dibanding pengawas TPS,’’ jelas Agus Suwondo. (mam-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *