Polres Kendal Amankan Polisi Gadungan Pelaku Perampasan

Berita Hukum

KENDAL – Satreskrim Polres Kendal mengamankan dua polisi gadungan yang melakukan pemerasan. Polisi gadungan tersebut Ashari alias Heri (32) warga Wonosari Ngaliyan dan Ade Hidayat alias Kopet (24) warga Mangkang Wetan Kecamatan Tugu.

Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandhy C Priambodo, mengatakan, kedua pelaku telah melakukan pemerasan terhadap seseorang. Kejadian bermula saat korban pada 31 Januari 2021 sekitar pukul 18.00 ingin menyaksikan balapan liar di jalan menuju Pelabuhan Kendal.

Sesampai di lokasi hujan, kemudian korban berteduh di warung kosong di tepi jalan. Sesaat kemudiam datang pelaku berboncengan dan ikut berteduh. ‘’Pelaku mengaku sebagai anggota polisi dari Polsek Tugu yang akan membubarkan balapan liar,’’ kata Raphael dalam gelar perkara di Polres Kendal, kemarin.

Mereka juga menuduh korban akan melakukan trek-trekan, kemudian meminta ponsel dan kalung emas milik korban. Pelaku sempat mengancam korban, kalau tidak menuruti akan ditembak. ‘’Merasa terancam, korban menyerahkan barang yang diminta. Setelah menerima barang mereka berdua pergi,’’ jelasnya.

Petugas kepolisian yang menerima laporan, bergerak cepat melakukan penyelidikan. Petugas mengamankan kedua pelaku beserta barang buktinya. ‘’Karena perbuatanya pelaku kami jerat Pasal 368 KUHP dengan ancaman pidana maksimal sembilan tahun penjara,’’ tuturnya di dampingi Kasubag Humas Polres Kendal AKP Abdullah Umar.

Heri salah satu tersangka mengaku, baru satu kali melakukan pemerasan. Waktu itu keadaan gelap sehabis magrib dan kondisi jalan sepi. ‘’Saya timbul niat melakukan pemerasan, mengaku polisi hanya spontanitas,’’ kata dia.

AKP Abdullah Umar mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap tindakan kriminalitas. ‘’Masa pandemi banyak yang terkena PHK, sehingga ada yang nekat melawan hukum,’’ ungkapnya. (mam-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *