Polsek Kaliwungu Lakukan Pendidikan Karakter

Berita Hukum Pendidikan

Kendal,Jatengnet.com: Jajaran Polsek Kaliwungu Kabupaten Kendal yang dipimpin Waka Polsek Iptu Agus Suwandi dan tiga anggota lainnya melakukan penyuluhan pendidikan karakter di SMP 2 Kaliwungu, kemarin. Kegiatan ini atas kerja sama antara Polsek Kaliwungu dan SMP 2 Kaliwungu.

Waka Polsek Iptu Agus Suwandi mengatakan, pentingnya anak sekolah mengenal pendidikan karakter sejak dini. Mengingat pada zaman informasi seperti sekarang ini, segalanya bisa diketahui secara global dan transparan. ‘’Bila anak didik ada masukan pendidikan karakter tentang nasionalisme, bisa dipergunakan sebagai tameng pada era globalisasi seperti saat ini,” tutur Agus Suwandi.

Dikatakannya, pada pendidikan karakter kali ini banyak dititikberatkan pada Pancasila dan nasionalisme. Mengingat anak-anak sekarang akan semakin luntur rasa nasionalisme bila tidak ada pendidikan karakter. “Yang jelas Pancasila dan NKRI menjadi harga mati bagi masyarakat Indonesia,” kata dia.

Kepala SMP 1 Kaliwungu Nunuk Sri Harjanti, mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk melatih anak dalam memahami isi Pancasila. Menurutnya anak-anak perlu masukan nilai nasionalisme dari pihak kepolisian. Agar di kemudian hari nilai nasionalisme tidak akan luntur di tengah kemajuan zaman.

Harapannya dengan pendidikan karakter, anak-anak lebih kreaktif lagi, memiliki inovasi dan kreasi serta sikap gotong-royong. Dan tidak kalah pentingnya adalah menjauhi obat terlarang (narkoba). Kedepan bisa lebih meningkatkan prestasi anak didik itu sendiri. “Dengan kreasi dan inovasi akan menunjang prestasi pendidikan anak” katanya. (Teguh-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *