PPDI Kendal Tak Gelar Aksi Desa Menggugat

JatengNews Pemerintahan
0 0
Read Time:1 Minute, 12 Second

KENDAL, jatengnet.com – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kendal menyatakan tidak akan menggelar aksi desa menggugat ke kantor bupati maupun DPRD. Mereka tidak akan melaksanakan imbauan DPP Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) untuk melakukan aksi pada 15 Desember 2021.

‘’Secara jalur organisasi, tidak ada kewajiban melaksanakan imbauan itu. Bagi perangkat desa di Kendal, segala aksi yang melibatkan kerumunan berpotensi melanggar protokol kesehatan untuk saat ini perlu dihindari,’’ kata Ketua PPDI Kendal Chumaidi, Selasa (14/12).

Meski begitu, pihaknya mendukung langkah usulan DPP Apdesi yang menginginkan revisi dari Perpres Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN 2022 terkait Dana Desa. Sebab langkah Apdesi bertujuan untuk kebaikan desa. ‘’Kami belum mendapat permintaan untuk melakukan aksi dari paguyuban kades,’’ tambahnya dalam siaran pers yang diterima jatengnet.com. 

Pihaknya berharap Apdesi lebih mengutamakan jalur audiensi solusi Pasal 5 ayat (4). Pasal itu menyebutkan Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40 persen.

Selain itu program ketahanan pangan dan hewani sekitar 20 persen, dan dukungan penanganan Covid-19 paling sedikit delapan persen dari Alokasi Dana Desa dari setiap desa. Meski PPDI Kendal tidak melakukan aksi, dirinya berharap DPRD Kendal dan Bupati Kendal memikirkan solusi in.

Karena munculnya Perpres No 104 Tahun 2021 menimbulkan masalah baru. Pihak desa harus memulai lagi musyawarah dari awal karena ada yang telah menetapkan Rancangan APBDes Tahun 2022. ‘’Desa harus menata ulang untuk penyesuaian angka-angka agar tetap sesuai aturan,’’ pungkasnya. (jan-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *