Produksi Ikan Teri di Kelurahan Bandengan Turun Drastis karena Cuaca Ekstrem

Berita Pemerintahan
0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

KENDAL, jatengnet.com – Selama musim penghujan tahun ini, produksi ikan teri nasi kering di Bandengan Kendal menurun drastis.

Hal itu karena kondisi cuaca yang ekstrem, dengan intensitas dan curah hujan yang cukup tinggi. Kondisi laut dengan cuaca ekstrim menjadikan para nelayan tidak melaut, sehingga tidak ada pasokan ikan teri dari nelayan.

Salah satu pengelola ikan teri nasi di Kelurahan Bandengan, Suheri, mengatakan, selama musim hujan kali ini, produksi ikan teri nasi kering rata-rata hanya satu sampai dua kuintal per hari.

Padahal dalam kondisi cuaca normal, produksi ikan teri nasi kering bisa mencapai satu ton lebih. “Turun drastis, paling satu kuintal, dua kuintal, lagi sepi, karena cuacanya tidak memungkinkan untuk melaut,” katanya.

Dia menyampaikan, menurunnya produksi ikan teri nasi ini, lantaran pasokan dari nelayan sedikit, bahkan tidak ada sama sekali.

Turunnya produksi ikan teri ini pun menjadikan para pekerja harus libur. Saat ini hanya ada lima pekerja. Padahal biasanya mencapai 20 orang lebih.

Meski stok ikan teri nasi sedang langka, namun harga tetap stabil, berkisar Rp 45 ribu per kilogram. “Kalau harga tetap stabil Rp 45 ribu per kilogram,” ujarnya.

Demikian pula dikatakan perajin ikan asin, Ngatemo. Menurut dia, ketika masa cuaca ekstrem, sempat tidak berproduksi sekitar setengah bulan.

Usahanya mulai aktif kembali mulai sepekan ini, karena kondisi cuaca sudah membaik. “Kemarin sempat libur sekitar setengah bulan, karena tidak ada pasokan ikan. Nelayan pada libur, tidak berani melaut,” tuturnya.

Para nelayan maupun pengusaha ikan teri berharap, cuaca segera normal kembali, sehingga para nelayan bisa melaut, dan produksi ikan teri normal kembali. (jtn-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *