Puncak Hujan Diperkirakan Februari

Berita Pemerintahan

KENDAL –  Musim hujan diprediksi mengalami puncaknya pada Februari 2021. Masyarakat diimbau untuk mewaspadai bencana banjir dan tanah longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Sigit Sulistyo, mengatakan, sebagai daerah pesisir pantura, ketika di daerah hulu hujan dalam waktu lama, bisa mengakibatkan banjir di wilayah pantura.

‘’Saat ini beberapa sungai seperti Kalibuntu dan Sungai Kendal mengalami pendangkalan. Sungai Kalibuntu beberapa waktu lalu dilakukan pembersihan eceng gondok,’’ kata Sigit di dampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik Ivan.

Namun demikian bila curah hujan tinggi, banjir suatu saat bisa terjadi. Apalagi kedua sungai tersebut muaranya menjadi satu di Kelurahan Bandengan dan arusnya menjadi lambat. ‘’Selain banjir juga rawan terjadi tanah longsor,’’ terangnya.

Tanah longsor terjadi di daerah Kendal atas. Menurut dia yang perlu diwaspadai ada di Dukuh Wonotirto, Desa Tirtomulyo, Kecamatan Plantungan. ‘’Di sana terjadi tanah bergerak sejak 2007,’’ jelas dia. (guh-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *