Sapma-Srikandi PP Kendal Dilatih Barista

Berita Ekonomi Pendidikan

KENDAL – Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) dan Srikandi Pemuda Pancasila (PP) Kendal dilatih meracik kopi atau barista. Pelatihan diselenggarakan PP Kendal bekerja sama dengan Yayasan Mochamad Herviano Foundation (MHF) di Jalan Gajahmada, Senin (12/10).

Koordinator acara, Heri Wasito, mengatakan, pelatihan barista atau meracik kopi diikuti 20 peserta yang terdiri atas Sapma dan Srikandi dengan penerapan protokol kesehatan. Peserta wajib memakai masker dan menjaga jarak.

Dikatakan, sekarang ini merupakan era millenial, generasi muda dilatih dengan ketrampilan meracik kopi. Dari ketrampilan tersebut, diharapkan bisa memunculkan wirausaha baru, muncul kedai-kedai kopi, sehingga generasi muda bisa mandiri dalam ekonomi.

‘’Ini kegiatan yang pertama di kalangan pemuda pancasila. Peserta yakni sapma dan srikandi. Pemuda Pancasila Kendal memiliki 18 PAC. Ke depan bisa digelar di masing-masing PAC, sehingga ketrampilan meracik kopi bisa menyebar di seluruh Kabupaten Kendal,’’ terangnya.

Perwakilan dari Yayasan Mochamad Herviano Foundation, Slamet Priyatin, mengatakan, minum kopi sudah menjadi budaya di masyarakat sejak zaman dahulu. Di Kabupaten Kendal terdapat kopi liberika yang beraroma nangka. Kopi itu banyak ditanam di daerah Sukorejo dan Patean.

Meracik kopi juga berpengaruh terhadap suasana hati. Jika hati sedang bahagia dan penuh rasa cinta, racikannya tentu bisa lebih nikmat. Demikian sebaliknya jika hati sedang sedih, rasanya pasti hancur, ’’ ucap pria yang juga gemar meracik kopi ini. (jan-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *