Sejumlah Perusahaan di Kendal Diduga Belum Bayarkan THR

Read Time:1 Minute, 13 Second

KENDAL, jatengnet.com – Sejumlah perusahaan di Kabupaten Kendal diduga belum membayarkan tunjangan hari raya (THR) Idulfitri kepada pekerjanya. Selain itu masih terdapat perusahaan yang memberikan gaji di bawah UMR.

‘’Kami juga menerima laporan adanya perusahaan yang sampai menunggak gaji pegawainya,’’ kata Ketua Dewan Buruh Kendal Sudarmaji pada acara Sarasehan Tripartit dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional yang digelar di Pendapa Tumenggung Bahurekso Kendal, Rabu (25/5).

Sudarmaji mengaku, pihaknya banyak menerima laporan tentang permasalahan buruh yang belum diketahui oleh pihak Dinas Tenaga Kerja Kendal. Persoalan itu antara lain gaji di bawah UMR, menunggak gaji, dan belum memberikan THR. ‘’Banyak laporan yang kami terima. Kami inventarisir. Kemudian kami sampaikan ke dinas terkait supaya segera diselesaikan,’’ jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kendal, Cicik Sulastri, mengatakan, pihaknya bakal melakukan verifikasi ke perusahaan yang bersangkutan, terutama kondisi keuangan perusahaan. Selanjutnya ia akan mengadakan pertemuan untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Demikian pula perusahaan yang masih menunggak gaji karyawan dan yang memberikan gaji di bawah UMR. Semua perusahaan harus mematuhi peraturan yang ada.

‘’THR sudah ada aturannya dari Kementerian Tenaga Kerja. Kami verifikasi di lapangan. Permasalahannya apa supaya bisa diselesaikan. Sementara terakit gaji di bawah UMR, kami edukasi ke perusahaan, karena aturannya harus sesuai UMR,’’ jelas dia.

Wabup Kendal, Windu Suko Basuki, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada pekerja dan buruh yang memberikan sumbangsih dan kepeduliannya dalam pembangunan Kabupaten Kendal. ‘’Terus tanamkan semangat untuk bekerja lebih baik lagi, sehingga menciptakan tenaga yang handal dan profesional,’’ pungkasnya. (jtn-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post SD 3 Bandengan Terendam Air Rob
Next post BP Jamsostek Kendal Bayarkan Klaim Dua Peserta