Seleksi Beasiswa Baznas Kendal Diikuti 167 Peserta

Berita Pendidikan

KENDAL – Seleksi program penerimaan Beasiswa Tahfidz Al-Quran Tahun 2021 yang diselenggarakan Banzas Kendal diikuti 167 peserta. Peserta merupakan santri dari berbagai pondok pesantren di Kendal yang terdaftar di Kantor Kementerian Agama Kendal. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu memperebutkan 60 kuota beasiswa.

Ketua Baznas Kendal, KH Ubaidillah mengatakan, seleksi penerimaan beasiswa diikuti santri putra dan putri yang menghafal Al-Quran. Seleksi terdapat tiga kategori yaitu hafalan juz 1-10, juz 1-20, dan juz 1-30. Adapun kategori penilaian antara lain kefasihan, hafalan, tajwid, dan adab. ‘’Seleksi ini merupakan tahun ketiga. Jumlah peserta juga terus bertambah,’’ kata dia.

Disampaikannya, antusiasme peserta meningkat setiap tahunnya. Dua tahun silam atau pada 2019 jumlah pendaftar tercatat 100 orang dan yang dinyatakan lolos administrasi 40 peserta. ‘’Setelah seleksi, dari kuota 35 beasiswa yang disiapkan, hanya 13 santri yang lolos,’’ terangnya.

Pada 2020 pendaftar mencapai 217 orang, lolos administrasi 99 santri, dan lolos seleksi 37 peserta. Sementara pada 2021 jumlah pendaftar mencapai 342 peserta, lolos administrasi 167santri dan akan diambil 60 penerima beasiswa.

Ia menambahkan, peserta yang lolos seleksi menerima beasiswa Rp 6 juta selama satu tahun dari Baznas Kendal. Beasiswa diberikan setiap bulan Rp 500 ribu dan pengambilan melalui Bank BRI Syariah. ‘’Mereka yang lolos kami buatkan rekening,’’ jelas dia.

Plt Wakil Ketua Bidang Perencanaan dan Keuangan Baznas Kendal, Nunuk Sarah Zenubia, menambahkan jumlah beasiswa tahfidz tahun ini Rp 360 juta. ‘’Kami juga akan melakukan seleksi beasiswa program sarjana (S1) untuk keluarga tidak mampu,’’ tuturnya. (jan-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *