SMK Diimbau Banyak Jalin Kerja Sama Dengan Perusahaan

Berita Pendidikan

Kendal,Jatengnet.Com: Saat ini jenjang pendidikan SMK seakan mendapat angin segar di kalangan masyarakat. Banyak orang tua yang ingin mensekolahkan anaknya di sekolah kejuruan tersebut. “SMK yang baik harus memiliki kerja sama dengan banyak perusahaan” kata R Andi Irawan Ketua LP Ma’arif Jawa Tengah.

Andi Irawan mengatakan hal itu ketika memberi sambutan pada Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala SMK NU 01 Kendal yang berlangsung di Gedung Pertemuan SMK NU 01 Kendal Selasa (11/1). Hadir pada kesempatan tersebut segenap pengurus LP Ma’arif Kabupaten Kendal, pengurus yayasan Al Hidayah, dan undangan lainnya.

Mereka yang dilantik adalah Achit Abdul Rahman sebagai kepala SMK NU 01 Kendal masa khidmat 2022-2026. Achit Abdul Rahman sebagai kepala sekolah baru menggantikan Muh Izzudin. Sebelumnya Achit sebagai wakil kepala sekolah di SMK NU 01 Kendal.

Menurut Andi Irawan, dengan memiliki banyak kerja sama dengan berbagai perusahaan berarti sekolah bisa dikatakan maju. Bila sekolahnya maju masyarakat akan simpati sekaligus mensekolahkan anaknya ke SMK NU 01 Kendal. “SMK juga harus memiliki penampilan yang berbeda” tambah dia.

Dalam arti memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga setelah mereka lulus, bisa langsung bekerja atau memiliki usaha sendiri sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. “Bila lulusan SMK menganggur berarti tidak memiliki ketrampilan untuk berwirausaha atau bekerja” kata dia.

Achit Abdul Rahman selaku kepala sekolah baru akan meneruskan program yang telah dilakukan oleh seniornya. Ke depan akan berupaya untuk lebih menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan, sehingga lulusan dari SMK NU 01 Kendal siap memasuki lapangan kerja.

Saat ini berbagai jurusan yang ada juga sudah memperlihatkan potensinya. Untuk jurusan tata boga misalnya sudah siap menerima pesanan katering dari pihak luar. ‘Demikian pula untuk perbengkelan siap memperbaiki mobil atau motor dari luar,” kata dia.

Sementara itu Sunari Sofyan selaku Ketua Yayasan Al Hidayah yang mengelola SMK NU 01 Kendal berharap agar prestasi pendidikan serta life skill yang ada terus ditingkatkan oleh kepala sekolah yang baru. “Saat ini SMK NU 01 Kendal menjadi sekolah swasta favorit, karena memiliki banyak prestasi atau lainnya dan hal itu patut dipertahankan, bila perlu ditingkatkan,” kata dia. (Teguh-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *