SMP 1 Kangkung Menuju Sekolah Adiwiyata

Berita Pendidikan

Kendal – Sekolah dengan predikat Adiwiyata merupakan sekolah yang memiliki keindahan, kebersihan, berbudaya lingkungan, nyaman dalam proses belajar mengajar.

Keadaan itu memberi warna tersendiri bagi mereka yang bergabung didalam lingkungan sekolah itu. “Anak anak menjadi krasan di sekolah karena lingkungannya asri,” kata Yusuf Kepala SMP 1 Kangkung.

Ditemui di kantornya, Senin (25/10) ia yang didampingi tim satgas Adiwiyata sekolah yang terdiri dari Tri Ariyani selaku ketua. Pengurus satgas Adiwiyata lainnya adalah Siti Hastutik, dan Siti Zumanah.

Lebih jauh dikatakan untuk menuju sekolah dengan predikat Adiwiyata memerlukan pengorbanan dan perjuangan yang tidak ringan. Dua tahun yaitu 2019 dan 2020 mulai merintis program Adiwiyata.

Menurut Yusuf, tahun 2021 mengikuti lomba sekolah Adiwiyata Kabupaten Kendal. Penilaiannya telah dilakukan beberapa waktu lalu, namun hasilnya belum diumumkan.

“Yang terpenting bagi kami dengan program Adiwiyata, bisa menanamkan pada anak didik untuk mencintai lingkungan. Bisa menjaga kebersihan dan keindahan sekolah,” tambahnya.

Untuk menuju program Adiwiyata, pihak sekolah juga telah mengadakan Bintek yang mengundang pembicara dari Dinas Lingkungan Hidup. Tujuannya untuk menyamakan persepsi terhadap program Adiwiyata.

Tri Ariyani selaku ketua tim satgas Adiwiyata mengatakan anak didik yang ada di SMP 1 Kangkung merupakan kader Adiwiyata sekolah.

Karena menjadi kader perilaku dan tingkah lakunya di rumah juga mencerminkan perilaku yang diajarkan di sekolah.

Yakni menjaga kebersihan dan keindahan rumah, mencintai lingkungan dan seterusnya. “Sebagai sekolah Adiwiyata memiliki tugas membentuk anak didik yang mencintai lingkungan,” kata dia. (Teguh-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *