SMP 1 Kangkung Peringkat 3 Adiwiyata Kabupaten Kendal

Berita Pendidikan

Kendal, Jatengnet.Com: SMP 1 Kangkung pada tahun 2021 ini menjadi salah satu sekolah Adiwiyata. Pada pengumuman yang dikeluarkan Dinas Lingkungan Hidup awal bulan Oktober lalu, SMP 1 Kangkung peringkat 3 sekolah Adiwiyata Kabupaten Kendal.
‘Keberhasilan ini merupakan keberhasilan kita semua” kata Yusuf kepala SMP 1 Kangkung.

Ditemui di ruang kerjanya Selasa (23/11), ia yang didampingi Tri Ariyani selaku ketua Pokja dan Siti Astutik serta Siti Zumanah masing masing anggota pokja, lebih jauh dikatakan dengan mendapat predikat sekolah Adiwiyata berarti seluruh warga sekolah dituntut berperilaku bersih.

Ditambahkannya, program sekolah Adiwiyata harus mencerminkan budaya bersih,sehat, peduli lingkungan sehingga sekolahan terkesan rapi dan nyaman. Anak anak menjadi krasan jika berada di sekolah.

Tri Ariyani selaku ketua Pokja mengatakan keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras kita semua. Seluruh warga sekolah yang ada berpartisipasi aktif dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata ini.

Disamping itu peran dan partisipasi masyarakat juga tidak sedikit. Warga desa Tanjungmojo ada yang menanam pohon di depan sekolah atau menyumbang pohon penghijauan lainnya.

Disamping itu pembuangan sampah juga bekerja sama dengan warga Tanjungmojo. “Peran masyarakat juga masuk dalam kategori penilaian ini ‘ kata Ariyani.

Yang lebih penting menurut Yusuf selaku kepala sekolah, anak dari SMP 1 Kangkung telah menjadi agen Adiwiyata ketika berada di rumah.

Dengan demikian mereka bisa memperlihatkan budaya hidup bersih baik di rumah maupun di masyarakat. “Sekolah Adiwiyata juga bisa membentuk karakter anak untuk mencintai lingkungan” ujarnya. (Teguh-21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *