TPS 3R Karangsari Segera Dioperasikan

Berita Pemerintahan
0 0
Read Time:1 Minute, 8 Second

KENDAL, jatengnet.com – Tempat Pembuangan Sementara (TPS) 3R yakni reduce, reuse, dan recycle di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal Kota, segera dioperasikan.

TPS tersebut dibangun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal pada tahun anggaran 2022. TPS sudah dilengkapi armada pengangkut sampah, alat pencacah sampah, dan pembuat kompos.

Lurah Karangsari, Ahmad Basuki, mengatakan, TPS itu akan dikelola oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Karangsari. Rencananya akan mulai beroperasi pada pertengahan Januari.

Wilayah Kelurahan Karangsari terbagi menjadi 5 RW, yang terdiri atas 30 RT. Pihaknya menyiapkan dua tim petugas pengangkut sampah ke rumah warga, yang bekerja dari Senin sampai Sabtu secara bergantian.

“Sampah dari warga akan dilakukan pemilihan oleh petugas di TPS 3R. Namun demikian, masyarakat agar melakukan pemilahan sampah di rumah,” katanya kemarin.

Adanya pemilahan sampah ini, selain mendapatkan tambahan penghasilan, sekaligus mengurangi sampah yang dibuang. “Harapannya dengan adanya TPS 3R ini, wilayah Kelurahan Karangsari bisa bebas dari sampah yang berserakan,” harapnya.

Kepala DLH Kendal, Aris Irwanto, mengatakan, pada tahun anggaran 2022, DLH Kendal membangun dua TPS 3R, yakni di Kelurahan Karangsari dan Kelurahan Bandengan Kecamatan Kendal.

Sementara pada tahun 2023 ini telah dianggarkan untuk pembangunan TPS 3R di Kecamatan Limbangan dan Boja. Setiap TPS dilengkapi fasilitas seperti armada pengangkut sampah, mesin pencacah sampah dan alat pembuat pupuk kompos dan magot.

“Pengelolaan TPS akan diserahkan kepada masyarakat melalui BKM setempat. Harapannya agar masyarakat ikut menjaga keberadaan TPS,” pungkasnya. (jtn-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *