Wiji Astutik Serius Mengembangkan Batik Kendal

Berita Ekonomi Sosok
0 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

Kendal,Jatengnet.Com: Produk UMKM di Kabupaten Kendal saat ini sedang giat dikembangkan. Salah satu produk UMKM tersebut adalah Batik Kendal.

Salah seorang yang serius memproduksi Batik Kendal adalah Wiji Astuti, warga Desa Lanji, Kecamatan Patebon. Ia bersama empat orang karyawan terus memproduksi Batik Kendal baik model cap maupun batik Tulis.

Ditemui di rumahnya Griya Batik Wiji Kamis (2/6) lebih jauh dikatakan, ia merintis produksi batik pada tahun 2011 setelah sebelumnya mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Dinas Perindustrian. “Saat ini usaha yang saya lakukan sudah lumayan perkembangannya” kata Wiji.

Dikatakan, dalam sehari untuk batik cap bisa memproduksi sekitar 25 potong. Sementara untuk batik tulis dalam satu potong diselesaikan sekitar satu bulan.

Tidak mengherankan bila harga batik tulis juga cukup mahal. “Per potong untuk batik tulis sekitar Rp 750.000-Rp 1.500.000. Untuk batik cap sekitar Rp 150.000” ujarnya.

Dikatakan pula harga batik produksinya memang agak mahal tapi kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan. Sedangkan batik yang murah biasanya warnanya cepat lusuh dan terkadang luntur. “Untuk itu bagi pecinta batik jangan tergiur harga murah” imbuh Wiji.

Disamping memproduksi batik, pihaknya juga menjual berbagai produk dan peralatan untuk membatik seperti pewarna, canting, kain, dan seterusnya.

Pada kesempatan ini juga berharap kepada pecinta batik, maupun jajaran birokrasi untuk terus mendukung produk Batik Kendal.

Dengan cara membeli produk lokal Kabupaten Kendal seperti Batik Kendal. “Batik Kendal juga tidak kalah dengan produk kota lain seperti Pekalongan atau lainnya” kata dia.

Kepada pecinta batik yang ada di Kendal Griya Batik Wiji siap menerima kedatangan anda. Alamatnya Jl Sunan Abinawa tepatnya di depan Masjid Putih Desa Lanji Kecamatan Patebon. (Teguh-21)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *